Rabu, 11 Januari 2017

Tokoh-tokoh Dalam Sistem Transportasi

  1. Biografi William Harvey - Penemu Peredaran Darah

Tokoh sangat berjasa bagi dunia kedokteran dan juga biologi karena ia dikenal sebagai penemu peredaran darah dan fungsi jantung, Berikut biografi dan profilnya, William Harveydilahirkan tahun 1578 di kota Folkstone, Inggris. Bukunya yang masyhur An Anatomical Treatise on the Movement of the Heart and Blood in Animals (Gerak otomatis anatomi jantung dan darah binatang) terbit tahun 1628, tepat sekali jika disebut sebuah buku penting di sepanjang sejarah fisiologi. Memang, nyatanya merupakan titik mula lahirnya ilmu fisiologi modern. Arti penting utamanya tidaklah terletak pada penggunaan langsungnya melainkan pada peletakan pengertian dasar yang menjelaskan bagaimana tubuh manusia bekerja.

Tentang Sistem Peredaran DarahUntuk kita sekarang yang dibesarkan dengan pengetahuan peredaran darah, akan menganggap teori Harvey sebagai sesuatu yang sepenuhnya jelas. Tetapi, apa yang kini tampak sederhana dan nyata, tidaklah begitu halnya bagi para biolog jaman lampau. Penulis-penulis terkemuka di bidang biologi telah memaparkan pelbagai pendapat, antara lain: (1) makanan diubah jadi darah di jantung; (2) jantung menghangatkan makanan; (3) saluran darah dari jantung ke tubuh dipenuhi udara; (4) jantung membuat "roh vital"; (5) darah, baik dalam pembuluh dari dan ke jantung mengalir maupun surut sering menuju jantung dan sering menjauhi jantung.
Galen, dokter besar di jaman dulu, orang yang secara pribadi meneliti dan merenungkan dengan cermat tentang jantung dan saluran darah, tak pernah menduga bahwa darah bersirkulasi. Juga hal ini lolos dari pengamatan Aristoteles kendati dia menaruh perhatian utama terhadap biologi. Bahkan sesudah penerbitan buku Harvey pun banyak dokter yang ogah-ogahan menerima pendapat bahwa darah dalam tubuh manusia secara tetap berputar dalam saluran pada sistem yang tetap, dan jantung menyediakan tenaga untuk mengalirkan darah itu.
Penemuan William Harver mengenai peredaran darah dan Fungsi JantungHarvey pertama-tama menyusun pendapat tentang sirkulasi darah itu dengan jalan membuat perhitungan secara arithmatik yang sederhana. Dia memperkirakan bahwa jumlah darah yang dipancarkan oleh tiap denyut jantung sekitar 2 ons. Karena jantung berdenyut 72 kali per menit, penjumlahannya dapat disimpulkan sekitar 540 pon darah dipancarkan tiap jam ke dalam aorta. Tetapi, jumlah yang 540 pon melebihi jumlah berat badan seorang manusia normal, bahkan jauh melebihi jumlah berat badan itu sendiri. Karena itu jelas buat Harvey bahwa darah yang sama secara tetap berputar lewat jantung. Sesudah merumuskan hipotesa ini, sembilan tahun lamanya dia pergunakan untuk melakukan percobaan-percobaan dan melakukan penyelidikan teliti untuk menentukan perincian peredaran darah.

Dalam bukunya, Harvey dengan jelas menyatakan bahwa arteri membawa darah dari jantung sedangkan vena membawa darah kembali ke jantung. Karena ketiadaan mikroskop, Harvey tidak dapat melihat kapiler, urat darah terkecil yang membawa darah dari arteri terkecil ke vena, tetapi dengan persis dia menyimpulkan adanya itu. (Kapiler diketemukan oleh biolog Itali Malpighi, beberapa tahun sesudah matinya Harvey).
Harvey juga menandaskan bahwa fungsi jantung ialah memompa darah ke dalam arteri. Dalam segi ini --seperti juga dalam pendapat-pendapat pentingnya yang lain-- teori Harvey sepenuhnya benar. Lebih jauh dari itu dia menyuguhkan hasil percobaan yang amat berharga dengan topangan alasan yang kuat. Meskipun pada awalnya teori Harvey mendapat tantangan sengit, tetapi di akhir hayatnya teorinya diterima.
Harvey juga berkecimpung dalam bidang embryologi, meskipun kurang begitu penting dibanding penyelidikannya dalam hal peredaran darah, bukanlah hal yang patut disepelekan. Dia merupakan seorang pengamat yang cermat, dan bukunya On the Generation of Animals (Tentang generasi dunia binatang) yang diterbitkan tahun 1651 menunjukkan permulaan yang sesungguhnya bidang ilmu embryologi. Seperti halnya Aristoteles, yang mempengaruhinya kuat sekali, Harvey menolak teori bahwa struktur keseluruhan tubuh binatang yang semuda apa pun sama dengan binatang dewasa, dengan perbedaan hanya pada ukuran. Harvey dengan tepat menyatakan struktur final sebuah embryo tumbuh secara tahap demi tahap.
Harvey hampir sepanjang hidupnya diliputi bahagia, sukses, dan menarik. Pada umur belasan dia memasuki Universitas Cambrige. Di tahun 1600 dia pergi ke Itali belajar kedokteran di Universitas Padua, yang saat itu boleh dibilang sekolah kedokteran terbaik di dunia. (Perlu dicatat, Galileo jadi gurubesar di situ tatkala Harvey belajar di sana, meski tak bisa dipastikan apakah keduanya pernah ketemu muka). Dia tamat di Padua tahun 1602, balik ke Inggris, menjalankan praktek kedokteran lama sekali, dan sukses. Diantara sekian banyak pasiennya terdapat dua raja Inggris (James I dan Charles I), tak ketinggalan filosof beken Francis Bacon. Sambil itu, dia mengajar di perguruan tinggi kedokteran di London dan pernah terpilih jadi rektor yang ditolaknya.
Dan di samping melakukan praktek pribadi, dia menjadi dokter kepala di Rumah Sakit St. Bartholomew, London. Tatkala bukunya tentang peredaran darah diterbitkan tahun 1628, mendadak namanya tenar di seluruh Eropa. Dia kawin, tetapi tak punya anak. Di umur tujuh puluh enam tahun dia menutup mata di London.



Biografi Archimedes

Dikenal sebagai salah satu ilmuwan dalam bidang matematika terkenal yang pernah ada, ia banyak menyumbangkan penemuan-penemuan yang menjadi landasan pengetahuan bagi manusia. Archimedes yang hidup di Yunani pada tahun 287 sampai 212 sebelum masehi, adalah seorang matematikawan, fisikawan, astronom sekaligus filusuf. Archimedes dilahirkan di kota pelabuhan bernama Syracuse, kota ini sekarang dikenal sebagai Sisilia. Archimedes merupakan keponakan raja Hiero II yang memerintah di Syracuse pada masa itu. Ia dibunuh oleh seorang prajurit Romawi pada penjarahan kota Syracusa, meskipun ada perintah dari jendral Romawi, Marcellus bahwa ia tak boleh dilukai. Sebagian sejarahwan matematika memandang Archimedes sebagai salah satu matematikawan terbesar sejarah, mungkin bersama-sama Newton dan Gauss.
Biografi ArchimedesNama Archimedes menjadi terkenal setelah ia melompat dari bak mandinya dan berlari-lari telanjang setelah membuktikan bahwa mahkota raja tidak terbuat dari emas murni. Ucapannya "Eureka (aku menemukannya)" menjadi terkenal sampai saat ini. Archimedes juga merupakan orang pertama yang mendefinisikan sistem angka yang mengandung "myriad (10000)", myramid menunjukkan seuatu bilangan yang nilainya tak berhingga. Ia juga mendefinisikan perbandingan antara keliling lingkaran dan jari-jari lingkaran yang dikenal sebagai pi sebesar 3.1429.
Raja Hiero II kala itu terikat perjanjian dengan bangsa Romawi. Syracuse harus mengirimkan gandum dalam jumlah yang besar pada bangsa Romawi, agar mereka tidak diserang. Hingga pada suatu ketika Hiero II tidak mampu lagi mengirim gandum dalam jumlah yang ditentukan. Karena itu Archimedes ditugaskan merancang dan membuat kapal jenis baru untuk memperkuat angkatan laut raja Hiero II.
Pada masa itu, kapal yang dibuat oleh Archimedes adalah kapal yang terbesar. Untuk dapat mengambang, kapal ini harus dikeringkan dahulu dari air yang menggenangi dek kapal. Karena besarnya kapal ini, jumlah air yang harus dipindahkanpun amat banyak. 
Selama perang dengan bangsa Romawi, yang dikenal dengan perang punik kedua, Archimedes kembali berjasa besar. Archimedes mendesain sejumlah alat pertahanan untuk mencegah pasukan Romawi di bawah pimpinan Marcus Claudius Marcellus, merebut Syracuse.
Saat armada Romawi yang terdiri dari 120 kapal mulai tampak di cakrawala Syracuse. Archimedes berfikir keras untuk mencegah musuh merapat dipantai. Archimedes kemudian mencoba membakar kapal-kapal Romawi ini dengan menggunakan sejumlah cermin yang disusun dari perisai-perisai prajurit Syracuse. Archimedes berencana untuk membakar kapal-kapal musuh dengan memusatkan sinar matahari. Namun rencana ini tampaknya kurang berhasil. Hal ini disebabkan untuk memperoleh jumlah panas yang cukup untuk membakar sebuah kapal, kapal tersebut haruslah diam.
Walaupun hasilnya kurang memuaskan, dengan alat ini Archimedes berhasil menyilaukan pasukan Romawi hingga mereka kesulitan untuk memanah. Panas yang ditimbulkn dengan alat ini juga berhasil membuat musuh kegerahan, hingga mereka lelah sebelum berhadapan dengan pasukan Syrcuse.
Saat musuh mulai mengepung pantai Syracuse, Archimedes kembali memutar otak. Tujuannya kali ini adalah mencari cara untuk menenggelamkan kapal-kapal Romawi ini. Archimedes kemudian menciptakan alat yang disebut cakar Archimedes. Alat ini bentuknya mirip derek pada masa kini. Setelah alat ini secara diam-diam dikaitkan ke badan kapal musuh, derek ini kemudian ditarik. Akibanya kapal musuh akan oleng, atau bahkan robek dan tenggelam.
Selain kedua alat ini Archimedes juga mengembangkan ketapel dan balista untuk melawan pasukan Romawi. Namun sayangnya walaupun didukung berbagai penemuan Archimedes, Syracuse masih kalah kuat dibandingkan pasukan Romawi. Archimedespun akhirnya terbunuh oleh pasukan Romawi. Saat tewas Archimedes sedang mengerjakan persoalan geometri dengan menggambarkan lingkaran-lingkaran di atas tanah. Sebelum dibunuh ia meneriaki pasukan Romawi yang lewat "Jangan ganggu lingkaranku!!!


Biografi Blaise Pascal

Blaise Pascal lahir dari pasangan suami istri Etiene Pascal dan Antoinette Bigure. Pascal dilahirkan disebuah daerah bernama Clermont. Pascal memiliki seorang adik perempuan Jacqueline dan seorang kakak perempuan Gilberte. Ibunya meninggal dunia ketika Pascal berusia 4 tahun. Dilahirkan di Clermont kemudian setelah kematian ibunya, ayahnya mengajak menyambung hidup di kota Paris. Namun sayangnya kondisi ekonomi membuat Pascal tidak bisa memperoleh pendidikan disekolah. Dia hanya belajar dari ayahnya dan kadang sesekali dihadirkan seorang tutor pribadi.

Blaise Pascal
Kehidupan Blaise PascalAyahnya, Eteinne memiliki ide sendiri tentang pendidikan: “Jangan memaksa anak untuk mencerna ilmu di atas kemampuan.” Eteinne prinsip tersendiri dalam mengajar Pascal. Pertama, anak diajarkan tentang ilmu pengetahuan alam, disusul mengajarkan tata bahasa usia 12 tahun. Pada usia 16 baru kan diajarkan matematika. Pascal ternyata tertarik mempelajari geometri dengan belajar sendiri sampai ayahnya menyerah. Seorang teman ibunya pernah memberi kado Pascal buku Element dari Euclid. Kakaknya, Jacqueline dengan wajah nan cantik, mempunyai keahlian di bidang menulis puisi dan drama, hal ini yang mampu menarik perhatian keluarga kerajaan. Jacqueline sering tampil di hadapan keluarga raja. Ketika Pascal berumur 15 tahun, ayahnya terlibat persekongkolan menentang pemerintah dalam masalah pajak. Etienne dan temannya menentang pembebanan pajak pada rakyat. Akhirnya Ayah Pascal menjadi buronan pemerintah. Dia meninggalkan Pascal dan kakak serta adik Pascal di Paris. Namun karena sering tampil menghibur di istana, Jacqueline bisa membujuk pihak kerajaan untuk memberi keringanan pada ayah mereka. Bahkan dengan bujukan Jacqueline, ayahnya memperoleh pekerjaan dari kerajaan. Ayahnya bekerja disebuah kantor pajak di Normandia. Dalam membantu ayahnya menghitung penerimaan pajak, Pascal berhasil menemukan sebuah alat hitung yang bsia melakukan operasi matematika perkalian, penjumlahan, pengurangan dan pembagian. Mesin hitung tersebut diberi nama Pascaline. Mesin tersebut diberi hak paten oleh Pascal, setelah ada seorang tukang jam yang mencoba meniru karyanya tersebut. Mesin tersebutlah yang menjadi cikal bakal kalkulator nantinya. Pada umur 13 tahun Pascal telah menemukan segi tiga pascal. Baca: Aplikasi Segitiga Pascal. Dengan prestasinya tersebut dia telah diundang untuk berdiskusi dengan ahli matematika terkenal lainnya di rumah Mersenne dengan Descartes, Fermat dan Roberval. Mersenne hanya seorang teman dari Descartes, namun karena memiliki hubungan dekat dengan anggota kerajaan Mersenne akhirnya mengajukan ide untuk membuat Akademi Sains Perancis (French Academy of Sciences). Ide ini juga yang kemudia diterapkan di Inggris untuk mendirikan Royal Society.Umur 16 tahun, menemukan teorema Pascal yang berbunyi “Titik-titik singgung pada sisi-sisi sebuah segi enam/heksagon pada sebuah kerucut terletak pada suatu titik.” Setahun berlanjut, Pascal menggunakan teorema ini untuk menjelaskan lebih dari 400 preposisi pada buku buku yang membahas tentang kerucut. Teorema ini menjadi salah satu theorema dasar pada geometri proyektif. Bidang Geometri proyektif sebelumnya sudah ada, namun dengan adanya campur pikir Pascal dan Desargues diubah menjadi studi formal. Para seniman menggunakan geometri proyektif ini biasanya untuk melukis sebuah gambar tiga dimensi. Sebaga contoh, lukisan Leonardo da Vinci, Perjamuan Terakhir (Last Supper) adalah salah contoh penggunaan perspektif atau geometri proyektif. Pascal dan Disargues mempelajari geometri proyektif, bukan untuk konteks seni, melainkan untuk membahas irisan kerucut, yang berupa ellips, hiperbola, parabola adalah proyeksi dari suatu lingkaran apabila dilihat dari suatu titik pada kerucut.
Pascal Menjadi Miskin Pada suatu bagian hidupnya pernah Pascal mengalami kecelakaan hingga dia perlu di rawat di rumah. Pascal di rawat oleh seorang yang agamis. Karena terlalu lama di rumah Pascal, keberadaan tokoh agama tersebut mempengaruhi pemikiran keluarga Pascal. Hingga akhirnya salah seorang kakaknya Jacqueline tertarik menjadi seorang biarawati, namun sang Ayah menentang hal ini.Dalam masa penyembuhan Pascal dianjurkan untuk tidak bekerja dan mencari kegiatan lain. Sayang, pada saat ini kehidupan Pascal berubah. Pascal menghabiskan waktu untuk bersenang senang, menghabiskan waktu untuk ber7udi hingga puncaknya Pascal jatuh miskin. Masa suram dalam hidupnya ini berlangsung kurang lebih selama dua tahun. Akhirnya sang adik Gilberte bisa menyadarkan kembali Pascal ke jalan yang benar. Setelah itu Pascal mulai tertarik dengan teori Probabilitas yan dibahasnya dengan Fermat. Mempelajari karya karya Cardano yang membahas peluang dimana terinspirasi dari permainan 7udi. Akhirnya Fermat dan Pascal berhasil merumuskan dasar teori Probabilitas. Pada perkembangannya teori ini yng akan menjadi ilmu dalam menghitung risiko asuransi, menginterpretasikan statistik, mempelajari keturunan dari Mendel. Pada umur 24 tahun Pascal dirawat dirumah sakit. Disini Pascal merasa tertarik dengan teori kehampaan. Bersama Descartes pascal membuat tabung setinggi 78,7 cm yang diisi dengan raksa. Tabung tersebut ditutup dengan tangannya. Pada saat dibuka maka air raksa mengalir. Raksa dicoba iganti dengan zat cair lain namun kejadian tetap serupa. Timbul di benak Pascal membawa tabung raksa ke daerah pegunungan. Akhirnya di daerah pegunungan di dapat hasil yang berbeda. Ini yang nantinya merumuskan bahwa udara memiliki berat dan tekanan. Perbedaan ketinggian pada kolom raksa tersebut membuktikan bahwa tekanan di suatu tempat dan tempat lainnya berbeda. Beberapa tahun kemudian, hasil penemuan ini diterbitkan. Namun tidak tahu mengapa, muncul kontroversi dengan Descartes, Descartes menyebutkan ha ini merupakan idenya yang di curi pascal. Baca: Biografi Rene Descartes.Pada tahun 1654, Pascal lebih memfokuskan dirinya dibidang keagamaan. Namun tidak berarti dia mengesampingkan bakat alami matematiknya. Pascal berusaha menyelesaikan masalah masalah yang berkaitan dengan lingkaran. Namun kondisi kesehatannya makin menurun. Akhirnya pada tahun 1662 tanggal 19 Agustus Pascal menghembuskan nafas terakhir. Beberapa ahli menduga Pascal meninggal karena TBC. Namun sebagian menganggap Pascal wafat karena dispesia, atau pelemahan fungsi otak.Sebagai salah satu bukti kepopuleran Pascal, novel Three Musketeers hasil karya Alexander Dumas mengambil latar belakang dari tokoh tokoh zaman Pascal, Descartes ini. Perlu diketahui juga bahwasanya segitiga Pascal bukan ditemukan oleh Pascal sejatinya. Sebelumnya segitiga ini juga sudah pernah ditemukan pada naskah matematika kuno cina yaitu kitab 9 bab. Buku buku teks Cina karya Chu Shih Chieh, Tsu Yuan Yii Chen telah mengandung dan memuat prinsip prinsip segitiga Pascal. Namun pada buku tersebut susunan bilangan tersebut masih dalam bentuk sembilan tingkat. Ide ide penggunaan tabung kaca berisi raksa dalam konsep penemuan tekanan udara ini sebenarnya berasal dari percobaan Galileo dan dilanjutkan oleh Evangelista Torricelli. Mereka terkenal sebagai tokoh tokoh penemu barometer.





Sumber :
http://www.biografiku.com/2009/03/biografi-william-harvey-1578-1657.html
http://www.biografiku.com/2009/01/biografi-archimedes.html
http://sejarahmatematika1.blogspot.co.id/2015/04/biografi-blaise-pascal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar