Sabtu, 07 Januari 2017

Hukum Pascal

Hukum Pascal

Nama hukum ini diambil dari orang yang melakukan eksperimen yaitu Blaise Pascal, melakukan percobaan tentang air dan menyatakan bahwa air keluar lebih deras dan lebih jauh lewat lubang pada wadah yang permukaan atasnya terbuka, dibandingkan dengan wadah yang permukaan atas ditutup, hal ini dikenal dengan prinsip pascal. Hal ini disebabakn oleh tekanan air yang lebih besar pada wadah yang terbuka.

Pertanyaannya, mengapa tekanan air pada dasar wadah terbuka bisa lebih besar dibandingkan dengan wadah dengan permukaan tertutup? Itu karena wadah tertutup hanya terdapat tekanan air yang bergantung pada massa jenis air, kedalaman air dari permukaan, dan percepatan gravitasi.

Sedangkan pada wadah terbuka, selain tekanan air yang bergantung pada massa jenis air, kedalaman air dari permukaan, dan precepatan gravitasi, ada juga tekanan udara yang bekerja pada permukaan air tersebut, ini yang menjadi penyebabnya.

Bunyi Hukum Pascal

Hukum atau prinsip pascal menyatakan bahwa
"Tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar"
Hukum Pascal adalah penerapan dari konsep tekanan dalam suatu zat cair. Mungkin Anda pernah menemui ayah atau tukang montir mengganti sebuah ban dan harus mengangkat sebuah mobil, tentunya untuk mengangkat mobil dibutuhkan alat sebagai pendukung yaitu sebuah dongkrak. Nah prinsip kerja dongkrak bisa kita pelajari di Hukum Pascal.

Rumus Hukum Pascal

Jika di penghisap 1 diberi gaya tekan F1, maka tekanan yang diciptakan P1 = F1 : A1 menurut hukum ptacal. Tekanan ini akan diteruskan lewat zat cair ke bejana 2 sehingga penampang bejana 2 (A2) memperoleh gaya tekan F2 = P1 A2 = F1 : A1 x A2

 Keterangan:
  • P = tekanan yang diteruskan (N/m2)
  • F1 = gaya tekan pada bejana I (N)
  • F2 = gaya tekan pada bejana II (N)
  • A1 = luas penampang bejana I (m2)
  • A2 = luas penampang bejana II (m2)
Berdasarkan rumus tersebut gaya F2 dipengaruhi oleh luas masing-masing permukaan bejana. Jika permukaan bejana lebih besar, pastinya gaya yang diciptakan juga lebih besar.


Sumber :
http://www.yuksinau.com/2016/03/hukum-pascal.html

2 komentar: