Kamis, 25 Januari 2018

Ternak Hias Kura-kura


cara-beternak-kura-kura.jpg
Persiapan Kandang
Kandang yang paling bagus untuk memelihara kura-kura air tawar adalah kolam yang mempunyai bagian daratan dan perairan. Lapisi wilayah daratan tersebut memakai pasir agar kondisinya mirip seperti habitat asli kura-kura. Namun jika Anda tidak mungkin membuat kolam pemeliharaan, silakan gunakan akuarium atau ember berukuran besar yang telah diisi beberapa batubata sebagai area daratannya. Sesuaikan ukuran kandang dengan jumlah dan postur kura-kura yang akan dipelihara di dalamnya.
Selalu gunakan air tanah yang bersih untuk dimasukkan ke dalam kandang kura-kura. Sebisa mungkin hindarilah penggunaan air PAM karena mengandung kaporit. Tuangkan air tanah ini ke dalam kandang hingga tinggi muka airnya minimal sama dengan panjang kura-kura. Perlu diketahui, kura-kura cukup sering mengeluarkan kotoran. Jadi lengkapilah wilayah perairan dengan alat filtrasi agar kebersihannya senantiasa terjaga dengan baik.

Pemilihan Indukan
Secara garis besar, kura-kura mulai siap melakukan perkawinan pada usia 5-6 tahun. Kura-kura jantan ditandai dengan adanya alat kelamin berupa hemipenis, bagian tempurung bawah (plastron) cekung, memiliki kuku kaki yang lebih panjang, serta berekor cukup panjang dan membesar di pangkalnya. Sedangkan ciri-ciri kura-kura betina yaitu tidak mempunyai hemipenis, plastronnya datar, kuku kaki pendek, dan ekornya tidak terlalu panjang.
Pilihlah kura-kura indukan yang kondisi kesehatannya bagus. Kura-kura tersebut harus bersih, tempurungnya kokoh dan mengkilap, berwarna cerah, serta memiliki corak yang sesuai dengan spesiesnya. Perhatikan pula bagian matanya untuk melihat apakah matanya lebar, kondisinya jernih, dan bersih serta memiliki hidung yang bersih dan kering. Jangan lupa untuk mencermati gerakan kura-kura tersebut. Kura-kura yang sehat akan aktif bergerak terutama saat berada di dalam air.
Perkawinan Kura-kura
Kura-kura betina yang akan dikawinkan harus berusia minimal 5 tahun dan mempunyai diameter tempurung lebih dari 15 cm. Kedua indukan harus berasal dari spesies yang sama untuk menjaga keaslian keturunannya. Seluruh rangkaian proses pemijahan juga wajib dilakukan di kolam khusus.
Masukkan seekor kura-kura jantan dan seekor kura-kura betina ke dalam kolam pemijahan. Perhatikan tingkah laku keduanya sejenak. Jika mereka berkelahi segera keluarkan kura-kura jantan untuk diganti dengan indukan yang lain. Tetapi bila keduanya tampak tenang, Anda bisa meninggalkannya selama 45 menit. Apabila selama waktu tersebut pejantan tidak terlihat mendekati betinanya, maka Anda harus mengganti dengan kura-kura jantan yang lain.
Kura-kura betina yang sedang hamil sebaiknya ditempatkan di kolam khusus. Usahakan kondisi kolam tersebut benar-benar optimal untuk mendukung kondisi kesehatan indukan tadi. Pada masa ini biasanya nafsu makan kura-kura akan menurun. Anda tetap bisa menjaga agar kura-kura mau makan dengan menaikkan sedikit suhu udara di dalam kolam.
Pembuatan Sarang Bertelur
Tahukah Anda, kura-kura akan tetap menyimpan telur di dalam perutnya selama ia tidak menemukan sarang yang pas untuk bertelur. Jadi membuat sarang telur buatan yang nyaman hukumnya adalah wajib. Sarang ini berupa kolam yang mempunyai lapisan pasir cukup tebal dan wilayah daratan yang lebih luas. Disarankan untuk mengayak pasir terlebih dahulu guna memisahkan kerikil yang tercampur di dalam pasir.
Kura-kura air tawar yang hendak bertelur biasanya menghabiskan lebih banyak waktunya di darat. Ia akan mencari posisi mana yang paling tepat untuk mengubur telur-telurnya. Jika telur tersebut sudah keluar, Anda bisa mengeluarkan kura-kura dari sarang bertelur ini. Telur kura-kura memang bisa menetas sendiri selama masih di dalam pasir. Namun supaya potensi telur yang menetas lebih besar, Anda bisa menggunakan mesin inkubator untuk menetaskan telur-telur tersebut.
Pemeliharaan Kura-kura
Pada dasarnya, kura-kura akan tumbuh dengan baik manakala tempat tinggalnya bersih dan terawat. Suhu udara yang cocok bagi kura-kura berkisar antara 22-27 derajat celsius dengan pH air sekitar 6-6,5. Usahakan supaya kandang bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung karena kura-kura membutuhkan cahaya alami untuk mendukung pertumbuhan karapasnya. Namun bila Anda beternak kura-kura secara indoor, lengkapi kolam dengan alat penghasil sinar UV A dan UV B guna mendukung pertumbuhan kura-kura di dalamnya.

Sumber :
http://pakarbudidaya.blogspot.co.id/2016/10/cara-beternak-kura-kura-air-tawar.html

2 komentar: